Kamis, 25 Juni 2015

MANAJEMEN STRATEGIK PADA PERUSAHAAN AMDK (PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPI,Tbk.)





Produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia, yang didirikan di Bekasi pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo. Yang telah beroperasi selama 30 tahun dan memiliki 14 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia.
Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.


PERIODE SEJARAH PT AQUA GOLDEN MISSISSIPI
1973
PT AQUA Golden Mississippi didirikan sebagai pioner perusahaan air minum mineral pertama di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi.

1974
Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp.75,-

1984
Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut.

1985
Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi.

1993
Menyelenggarakan program AQUA Peduli (AQUA Cares), sebagai langkah pendauran ulang botol plastik AQUA menjadi materi plastik yang bisa dapat digunakan kembali.

1995
AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi., sehingga proses produksi menjadi lebih higienis

1998
Penyatuan AQUA dan grup DANONE pada tanggal 4 September 1998. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia.

2000
Bertepatan dengan pergantian milenium, AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA.

2001
DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi 74 %, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group. AQUA menghadirkan kemasan botol kaca baru 380 ml pada 1 November 2001.

2002
Banjir besar yang melanda Jakarta pada awal tahun menggerakkan perusahaan untuk membantu masyarakat dan juga para karyawan AQUA sendiri yang terkena musibah tersebut. AQUA menang telak di ajang Indonesian Best Brand Award. Mulai diberlakukannya Kesepakatan Kerja Bersama [KKB 2002 - 2004] pada 1 Juni 2002.

2003
Perluasan kegiatan produksi AQUA Group ditindaklanjuti melalui peresmian sebuah pabrik baru di Klaten pada awal tahun. Upaya mengintegrasikan proses kerja perusahaan melalui penerapan SAP (System Application and Products for Data Processing) dan HRIS (Human Resources Information System).

2004
Peluncuran logo baru AQUA. AQUA menghadirkan kemurnian alam baik dari sisi isi maupun penampilan luarnya. AQUA meluncurkan varian baru AQUA Splash of Fruit, jenis air dalam kemasan yang diberi esens rasa buah strawberry dan orange-mango. Peluncuran produk ini memperkuat posisi AQUA sebagai produsen minuman.

2005
DANONE membantu korban tsunami di ACEH. Pada tanggal 27 September, AQUA memproduksi MIZONE, minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE. MIZONE hadir dengan dua rasa, orange lime dan passion fruit.

Lokasi Sumber Mata Air AQUA 
Brastagi
Lampung (Jabung dan Umbul Cancau)
Mekarsari (Kubang)
Subang (Cipondoh)
Wonosobo (Mangli)
Klaten (Sigedang)
Pandaan
Kebon Candi
Mambal
Menado (Airmadidi)


VISI PERUSAHAAN PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPI
·         Memberikan hidrasi berkualitas untuk kesehatan yang lebih baik bagi sebanyak mungkin masyarakat indonesia melalui produk dan layanan.
·         Membangun organisasi yang dinamis, terbuka, beretika dengan budaya  pembelajaran yang memberikan kesempatan berkembang yang unik  bagi karyawan.
·         Menjadi acuan dalam pembangunan berkelanjutan, melindungi sumberdaya airnya, melestarikan lingkungan, memberdayakan masyarakat dan mempromosikan serta mendorong masyarakat untuk menjadi lebih “bertanggung jawab terhadap lingkungan”.

MISI PERUSAHAAN PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPI
Misi Perusahaan Memberikan kesehatan melalui pangan kepada sebanyak mungkin orang
·         Melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia dan Asia Pasifik
·         Meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar degan standar dunia. pemberian lisensi disertai dengan kewajiban penerapan standar produksi dan pengendalian mutu yang prima
·         Menyiapkan sumber air minum dalam kemasan  yang sehat yang murni, bening, dan bebas bakteri dengan melakukan pengujian produk setiap tetesnya berdasarkan standar internasional.


·         Meningkatkan kualitas management diseluruh organiasi dan Peningkatan Research & Development menuju AQUA ISO 9002

BERBAGAI MACAM KEMASAN PRODUK AMDK

Analisis SWOT
Analisis SWOT biasanya dicantumkan dalam GBHK (Garis-garis Besar Haluan Kerja) yang menjelaskan tentang kondisi lingkungan organisasi baik kondisi internal maupun external.


Kuisioner ( IFAS ) Internal Factor Analysis Strategic dan (EFAS) Eksternal Factor Analysis Strategic

INTERNAL
Kekuatan (Strengh)     
Ukuran pembobotan :                                              Ukuran Rating :
1 = sedikit penting                                                      1 = Sedikit kuat
2 = Agak penting                                                        2 = Agak kuat
3 = penting                                                                 3 = kuat
4 = sangat penting                                                      4 = Sangat kuat

Kelemahan (Weakness)
Ukuran pembobotan :                                                Ukuran Rating :
  1 = sedikit penting                                                      -1 = Sedikit lemah       
  2 = Agak penting                                                       -2 = Agak lemah
  3 = penting                                                                 -3 = lemah
 4 = sangat penting                                                       -4 = Sangat lemah

EKSTERNAL
Peluang (Opportunity)
Ukuran pembobotan :                                               Ukuran Rating :
 1 = sedikitpenting                                                       1 = Sedikit peluang     
 2 = Agakpenting                                                         2 = Agak peluang
 3 = penting                                                                 3 = peluang
 4 = sangatpenting                                                        4 = Sangat peluang

Ancaman (Threat)
Ukuran pembobotan :                                              Ukuran Rating :
1 = sedikit penting                                                      -1 = Sedikit mengancam         
2 = Agak penting                                                        -2 = Agak mengancam
3 = penting                                                                 -3 = mengancam
4 = sangat penting                                                       -4 = Sangat mengancam



ANALISIS MATRIK SWOT
Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan di atas,  hasilnya dapat  dirangkum  sebagai berikut:
  • Skor Total Kekuatan 3.2
  • Skor Total Kelemahan -2.2
  • Skor Total Peluang 3.4
  • Skor Total Ancaman -2.3
Berpijak dari skor total ini, maka penentuan posisi PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPI dapat digambar sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada Gambar dibawah.

  • Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
  • Koordinat  Analisis  Internal
  • Skor  total Kekuatan – Skor Total Kelemahan =
  • 3.2 - 2.2 = 1
  • Koordinat  Analisis Eksternal
  • Skor total Peluang – Skor Total Ancaman     =
  • 3.4 - 2.3 = 1.1
  • Jadi  titik koordinatnya terletak  pada (1 ;1.1)




2 komentar:

  1. Tulisan yang sangat inspiratif sekali
    tidak rugi rasanya saya berkunjung ke blog sobat
    Jangan lupa berkunjung balik ya bila sempat
    menyambung silaturahmi sesama blogger itu baik kan



    Nitip ya
    Jual Mesin Depot air minum isi ulang

    Melayani pembuatan mesin DEPOT AIR MINUM ISI ULANG, MESIN REVERSE OSMOSIS, HEXAGONAL, AIR MINERAL, ULTRAVIOLET, OZONE GENERATOR, BIO ENERGI DAN AIR ALKALINE.
    Promo Gratis Sertifikat Depkes, Tissue galon dan tutup galon dan konsultasi gratis
    Telp : 5595 1217 / 089617774888 ( Tidak melayani sms )
    Alamat : Taman Palem lestari, Cengkareng. Jakarta barat
    http://www.tirtamandiri.com/depot-air-minum-isi-ulang/

    BalasHapus
  2. Terima kasih sangat membantu tugas kuliah saya :)

    BalasHapus